Tingkatkan Produksi Beras, Kementan Upayakan Lahan Lebat

Share:

Program pengolahan lahan ini didasari keberhasilan Kementan dalam melaksanakan program cetak sawah. Di samping itu, program lahan lebat dinilai potensial lantaran di setiap provinsi memiliki lahan lebat.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menjelaskan program lahan lebat sudah diuji coba di Palembang Sumatera Selatan. Dari hasil uji coba tersebut, petani bisa tiga kali memanen padi.

"Di Palembang kita coba pada lahan lebat seluas 1000 hektare dan itu berhasil dari lahan yang hanya bisa satu kali panen itu kemarin bisa tiga kali panen," jelasnya di Kantor Pusat Kementan, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

Amran menambahkan, jika program tersebut dijalankan di setiap propinsi, maka bisa diprediksi produksi padi Indonesia dapat terpenuhi.

"Satu propinsi saja itu kurang lebih 500 ribu hektar, kalau kita angkat bisa kali 6 ton sekali panen kan bisa 3 juta ton hasilnya. Kalau tiga kali panen bisa 12 juta ton gabah," ujarnya.

Amran menegaskan dengan adanya peluang tersebut, pihaknya berkomitmen menjadikan lahan lebat sebagai program olah lahan dalam program pertanian 2018.

"Tahun depan kita kembangkan, karena konsepnya sangat sederhana hanya dengan kanalisasi tapi hasilnya luar biasa," tukasnya. [nes]

Tidak ada komentar