Presiden Jokowi Serahkan 2624 Ha Lahan ke Petani di 3 Kabupaten

Share:

JAKARTA – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, bersama rombongan ke Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur disambut hangat masyarakat dan pejabat di Kabupaten setempat, Kamis (2/11/2017). Kedatangan orang nomor 1 di Indonesia tersebut untuk menyerahkan hutan rakyat dengan sistem pinjam pakai per orang sebanyak 2 hektare.

Penyerahan secara simbolis diterima oleh 3 kelompok tani yang mewakili 3 daerah, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember. Total di 3 Kabupaten itu sebanyak 2.867 sertifikat dengan luas tanah 2.624 hektare.

Sertifikat yang diberikan oleh Presiden Jokowi, tersebut berlaku selama 35 tahun dan bisa diperpanjang, namun lahan itu tidak boleh dijual atau digadaikan. Karena sistem hak pakai saja.

Program sosial ini merupakan bentuk reformasi agraria di mana pemerintah merealisasikan bentuan itu kepada petani yang tidak memiliki lahan. Sebelumnya wilayah KPH dikelola oleh pihak Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Ini sebagai pemerataan ekonomi bagi para petani. Saya berharap petani akan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jika petani mengalami kekurangan modal, disitu telah disediakanuntuk pinjaman dari bank,” kata Joko Widodo, kepada awak media.

Presiden Jokowi, menuturkan dengan ini para petani mempunyai kejelasan status, mana yang akan dikerjakan dan berapa hektar lahan yang dikerjakan.

Kedatangan Presiden di Kabupaten Probolinggo, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya; Menteri BUMN, Rini Soemarno; Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; dan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. (*)


Sumber : Timesindonesia.co.id

Tidak ada komentar